Language Learning Strategies

1. Strategi mengembangkan ketrampilan membaca
    Strategi-strategi yang dapat membantu siswa untuk membaca cepat dan efektif adalah sebagai berikut:
– Previewing, mengulas judul teks bacaan, heading, dan foto untuk mengetahui susunan       dan isi bacaan pilihan.
– Predicting, menggunakan pengetahuan tentang topic bacaan dengan menebak tentang     isi, kosakata yang ada di teks bacaan yang akan dibaca dan memeriksa pemahaman,       menggunakan pengetahuan tentang jenis teks bacaan dan tujuan untuk menebak tentang   struktur isi, menggunakan pengetahuan tentang pengarang teks bacaan yang dibaca         untuk menebak tentang gaya bahasa penulisan, kosakata dan isi.
– Skimming and scanning, menggunakan pencarian secara tepat untuk mencari ide pokok,   mengidentifikasi struktur teks bacaan, menegaskan atau menanyakan perkiraan isi teks.
– Guessing from context, menggunakan pengetahuan dan ide tentang sesuatu hal dalam     teks bacaan sebagai kunci untuk mengetahui kosakata yang tidak dimengerti, daripada       hanya berhenti membaca sekedar untuk mencari artinya.
– Paraphrasing. Berhenti pada akhir sesi bacaan untuk mengecek ulang pemahaman           dengan mengungkapkan kembali informasi dan ide yang ada di teks bacaan.
2. Strategi mengembangkan ketrampilan berbicara (speaking)
    Strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan ketrampilan berbicara diantaranya:
– Penggunaan ‘minimal responses’  Pembelajar Bahasa yang merasa kurang percaya pada kemampuannya untuk berhasil       berpartisipasi dalam kegiatan interaksi lisan biasanya hanya diam pada saat yang lain         sedang berbicara. Satu cara untuk mendorong pembelajar semacam ini adalah dengan     membantu mereka menggunakan minimal responsesatau ungkapan-ungkapan                 sederhana yang dapat mereka gunakan di berbagai situasi. Dengan memiliki bekal             tentang cara memberikan respon atau tanggapan ini maka seorang pembelajar akan         terfokus pada apa yang sedang dikatakan oleh pembicara lainnya, tanpa perlu berpikir         lanjut bagaimana seharusnya memberikan respon atau tanggapan.- Penggunaan naskah (script)

Guru dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemahiran berbicaranya dengan       memberikan dorongan-dorongan kepada siswa akan pentingnya aturan-aturan atau           naskah untuk berbagai macam situasi yang berbeda-beda sehingga mereka dapat             memperkirakan apa yang akan mereka dengar dan apa yang akan mereka katakana           dalam memberikan respon. Dengan aktivitas yang interaktif, guru dapat memberikan           latihan kepada siswa untuk menyusun dan menggunakan variasi berbahasa pada naskah   yang berbeda-beda.

– Penggunaan bahasa untuk berbicara tentang bahasa

Pembelajar bahasa biasanya merasa malu apabila tidak dapat mengatakan apapun           sama sekali ketika mereka tidak memahami apa yang dikatakan oranng lain atau ketika       mereka menyadari bila lawan bicara mereka tidak memahami apa yang mereka                 katakan. Dalam situasi ini guru dapat memberikan pengertian kepada siswa bahwa             kesalahpahaman dan perlunya klarifikasi atau penjelasan dapat terjadi pada segala             macam interaksi dan di semua tingkat kemahiran berbahasa pembelajar. Selain itu guru     juga dapat membantu siswa dengan mengajarkan strategi berbicara dan frase-frase           yang    digunakan untuk memberikan penjelasan atau klarifikasi dan menilai pemahaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s